Widget Slideshow
  • pekerjaan mudah cocok bagi anda yang pekerja keras dan menghargai waktu.
  • langkah-langkah teperinci.
  • pekerjaan mudah cocok bagi anda yang pekerja keras dan menghargai waktu.
  • langkah-langkah teperinci.

Minggu, 09 Januari 2011

10 Gitaris terbaik Indonesia

gitaris-gitaris 10 besar yang pernah ane dengar dan berpengaruh kuat lagi ane gemari, urutan tidak terlalu mencerminkan hirarki, tapi boleh dianggap begitu, diantaranya mungkin ada yang duet.



1. Ian Antono, (GodBless, Gong 2000)
gitaris yang banyak menginspirasi gitaris-gitaris lain. bisa dibilang legenda rock guitarist di Indonesia. Gaya permainannya cocok di segala genre, dari rock yang manis-manis, balada, prog, hard rock sampai heavy metal. gaya oom Ian yang variatif bisa kita lihat dari lagu-lagu GodBless jadul yang progresif sampai ke GodBless akhir 80-an yang coraknya keras. Salut buat Mbah Jusuf Antono.
2. Eet Edane
salah satu gitaris yang mempopulerkan gaya shredder di Indonesia, sangat terpengaruh Eddie van Halen dan pernah bergabung bersama GodBless juga. Namun jangan salah, sebelum menceburkan diri secara total ke musik hard rock di akhir 80-an bersama GodBless dan mendirikan Edane di awal 90-an, oom Eet sering membantu proyek-proyek penyanyi pop seperti Fariz RM. Salah satu karyanya di lagu Fariz adalah permainan gitar klasiknya di Lagu Barcelona...hmm....gak main-main gitaris satu ini.
3. Ipunk dan Lucky Setyo dari Power Metal
Mungkin dua nama ini jarang terdengar di internet akhir-akhir ini (setidaknya sebelum album power IX), akan tetapi dua gitaris metal sekaligus shredder ini bagi saya tidak diragukan lagi kemampuannya. Tengok permainan keduanya di lagu metal indonesia terbaik sepanjang masa (setidaknya bagi saya), yakni Timur Tragedi. Solo gitarnya bikin bulu kuduk merinding.
4. Andra Ramadhan, (Dewa 19, AATB)
Apa jadinya Dewa 19 tanpa Dhani ?? Pertanyaan itulah yang sering diajukan untuk menghilangkan keraguan kepada Dhani. Namun apa jadinya Dhani di Dewa 19 tanpa Andra??? bagi saya tanpa kehadiran Andra, Dewa 19 bukan band rock (setidaknya pop rock). Terbukti permainan Andra dengan berbagai gayanya telah membuat Dewa menjadi band yang manis tapi tetap berkarakter rock.
5. Dewa Budjana (GIGI, ex-Spirit)
Budjana adalah gitaris yang unik. Dengan latar belakan Jazz, dia menjadi musisi yang membentuk karakter salah satu calon legenda band rock indonesia. Ya, pada awalnya Baron lah yang menentukan karakter musik rock di GIGI. Namun semenjak perginya Baron, Budjana dituntut untuk tetap mempertahankan pengaruh enerjik di musik GIGI. Awal-awalnya memang kikuk. Tapi kini secara integral, GIGI telah membentuk karakter nge-rock nya yang baru bersama permaina-permainan gitar Budjana.
6. Rhoma Irama, dari Soneta
Anda boleh menganggap musik dangdut sebagai musik kampung. Tapi dia adalah sedikit orang Indonesia yang berpengaruh membentuk sebuah genre baru dengan permainan gitarnya. Oke, perilakunya mungkin membuat banyak orang muak (tapi tidak termasuk saya). Tapi saya rasa sangat jarang gitaris ber-influence rock menggabungkan pengaruh musik lain dalam permainannya dan menghasilkan gelombang budaya sekelas dan semassal dangdut.
7. Eross Candra
Mungkin jika dibandingkan shredder memang nampaknya cowok jogja satu ini kelihatan tidak ada apa-apanya. Namun kehandalan dan bidangnya memang bukan shredding. Permainannya yang nge-blues bagi saya banyak membuat lagu-lagu sheila on 7 menjadi lebih hidup dan tidak monoton. Bagi saya zaman kejayaan sheila on 7 adalah ketika mereka menyertakan banyak solo Eross yang blues (meskipun nggak panjang-panjang banget) di era awal 2000-an, selain kehandalan Eross mencipta lagu tentunya. Seperti di lagu Bila Kau tak Disampingku, Sebuah Kisah Klasik, atau yang paling blues dan country, Bertahan di Sana.
8. Jikun (/rif, Jikunsprain)
Dialah salah satu kontributor era alternatif musik mainstream di akhir 90-an. Komposisi-komposisi gitarnya turut membawa era baru dalam permusikan Indonesia. Yang dulunya didominasi band-band ber-keyboard, berganti menjadi tren dobel gitaris tanpa keyboard. Lagu-lagu /rif menjadi bervariasi berkat sentuhan gitarnya.
9. Piyu (Padi)
Bersama Eross, dia termasuk gitaris yang mengusung gaya permainan Blues. Permainannya mendominasi melodi-melodi dalam lagu milik Padi. Permainan gitarnya sangat kental ketika Padi merilis album Save My Soul.
10. JPI (ex-Boomerang)
Bersama Boomerang, dialah gitaris Rock yang cukup disegani. Dari awal 90-an hingga awal 2000-an, dia setia dengan gaya musik yang sama dengan Slash. Sayang sekali,John Paul Ivan harus keluar dari Boomerang karena perbedaan visi.

0 komentar:

Posting Komentar