Widget Slideshow
  • pekerjaan mudah cocok bagi anda yang pekerja keras dan menghargai waktu.
  • langkah-langkah teperinci.
  • pekerjaan mudah cocok bagi anda yang pekerja keras dan menghargai waktu.
  • langkah-langkah teperinci.

Senin, 10 Januari 2011

Tips Meluruskan Neck Bass

Disini saya ingin berbagi sedikit pengetahuan mengenai bagaimana cara meluruskan neck yang bengkok dengan cara memutar trush rod sesuai dengan kondisi neck kita. Antara lain apabila neck kita terlalu cembung ataupun terlalu cekung

Posisi Trust Rod pada bass terdapat pada beberapa bagian, semua tergantung dari Bass yang kita miliki.

1. Pada bagian Head stock terdapat pada rata-rata Bass yang ada di Indonesia
2. Pada bagian neck akhir menuju bridge terdapat pada sebagian besar Bass produksi Yamaha
3. Pada bagian pertengahan neck terdapat pada sebagian besar Bass produksi Gibson.


Disini saya akan berusaha membahas Trust Rod pada bagian Head stock, sesuai dengan gambar diatas



Apabila neck kita terlalu cembung maka putar trust rod berlawanan dengan arah jarum jam. Seperti yang terlihat pada gambar diatas. Dan ingat ketika memutar Trust Rod sebaiknya jangan melebihi dari ¼ putaran per harinya, karena kayu dari neck Bass kita memerlukan penyesuaian terhadap pressure / tarikan dari Trust Rod tersebut.



Apabila neck kita terlalu cekung maka putar trust rod searah dengan putaran jarum jam. Seperti yang terlihat pada gambar diatas. Dan seperti ketika kondisi neck kita cembung sebaiknya pada saat memutar Trust Rod jangan melebihi dari ¼ putaran per harinya, karena kayu dari neck Bass kita memerlukan penyesuaian terhadap pressure / tarikan dari Trust Rod tersebut.



Setelah kita menyesuaikan stelan neck (Trush rod) kemudian kita mengatur ( menaikkan atau menurunkan ) ketegangan senar seperti yang terlihat pada gambar diatas. Pengaturan ketegangan senar tergantung dari setiap Player itu sendiri. Apabila player tersebut lebih menyukai bermain typing mereka biasanya menurunkan ketegangan / ketinggian senarnya, tetapi semuany kembali kepada sang player itu sendiri.



Gambar diatas ini yang dinamakan stabilisasi senar, tetapi untuk lebih detail bagaimana cara melakukan stabilisasi senar lain kali akan saya coba bahas lagi.

0 komentar:

Posting Komentar