Widget Slideshow
  • pekerjaan mudah cocok bagi anda yang pekerja keras dan menghargai waktu.
  • langkah-langkah teperinci.
  • pekerjaan mudah cocok bagi anda yang pekerja keras dan menghargai waktu.
  • langkah-langkah teperinci.

Senin, 10 Januari 2011

Tips dan Trik Berlatih Drum

Sering kali banyak musisi nanya, gaimana cara melatih tangan kiri? Bagaimana cara melatih kick motion? Biasanya jawaban pada umumnya itu membuat mereka menarik nafas panjang atau malah jengkel; LATIHAN. Satu kata yang dilakukan semua musisi (dalam hal ini drummer), namun hasilnya bebeda. Banyak yang berkata sudah berlatih sekian jam tapi hasilnya tidak ada, malah tidak sedikit yang jenuh dan tertekan saat berlatih.

Sering kali latihan menjadi momok karena kebanyakan dari kita tidak tahu apa yang mau kita lakukan di ruang latihan. Kita masuk ruang berlatih dengan ekspektasi yang besar untuk satu tujuan, namun saat berada di tengah-tengah ruangan berlatih, kita tidak tahu harus melakukan apa untuk mencapai apa yang kita inginkan. Akhirnya waktu kita berjam-berjam sebenarnya di pakai untuk 'bermain' dalam ruang latihan, dan diakhir sesi latihan, kita mengatakan ke diri kita bahwa kita telah berlatih 4jam namun sebenarnya kita tidak mendapatkan kemajuan yang berarti dari hari kemarin.

Apa yang harus kita perhatikan agar sesi latihan itu efektif dan membangun kemampuan kita, memperoleh apa yang kita inginkan?

Beberapa tips yang bisa ane bagikan,

Pertama-tama tentukan tujuan. Apa yang ingin kamu dapatkan dalam latihan. Tanpa tujuan, sebuah latihan menjadi sangat panjang tanpa henti dan membosankan. Contoh, jika kita berlatih samba, itu merupakan sebuah tujuan. Jangan keluar dari sesi latihan, sampai tujuan tsb tercapai. Terlihat sepele, namun ini lah yang bisa menolong kamu keluar dari sesi latihan dengan hasil yang diimpikan. Sesungguhnya inilah bagian yang menyenangkan dari latihan.

Hal berikutnya yang perlu dilakukan sebelum barlatih adalah mengambil waktu. Bukan menyisihkan waktu, namun menyediakannya secara khusus, bukan sekedar meluangkan waktu. Jika kita tidak menyediakan waktu yg sepantasnya untuk berlatih, jangan harap skill kita akan bertambah.

Setelah kita memliki tujuan dan waktu, apa lagi yang dibutuhkan? Sebuah Materi latihan. Di bawa ini beberapa bagian didalam materi latihan tsb. Tidak harus begini, tergantung kebutuhan, namun kira-kira beginilah acuannya.

  1. Pemanasan (10-15% dari waktu latihan), biasanya rudiment nonstop sepanjang waktu pemanasan. Biasanya dengan tempo medium. Tidak usah cepat-cepat, karena tujuannya hanya untuk melemaskan otot-otot sebelum masuk dalam materi yang lebih berat.
  2. motion, cordination (20-35%), ini melatih kordinasi tangan vs tangan, kaki vs kaki, dan tangan vs kaki. Biasanya ini yang paling sering ingin dilatih. Semisal double pedal, rudiment, dll. Ini termasuk kordinasi. Seperti kata Vinnie Coulaiuta, dan Akira Jimbo, drum is all bout rudiment, yang notabene merupakan kordinasi tubuh. Kordinasi tubuh tanpa motion tidak akan menghasilkan sebuah musik. Ini yang membedakan antara sekedar 'bunyi' dengan musik.
  3. Pattern, groove (20-35%), selain kordinasi, kita perlu juga mengaplikasikannya kedalam sebuah pattern groove. Semisal yang kita sedang latih adalah fivestroke roll. Setelah menguasai kordinasi bentuk rudiement dan motionnya, kita belajar menerapkan dalam fill-in sebuah lagu.
  4. reading, hearing; selain mengaplikasikan kedalam sebuah pattern, kita perlu juga merubah pola-pola tsb. Semisal saat kita berlatih fivestroke roll di snare, kita perlu juga memindahkan ke tom-tom, atau tom2-snare, atau simbal-snare, dan banyak lagi kemungkinan-kemungkinan yang bisa kita ciptakan. Ini tidak semata melatih kordinasi dalam drumset, namun juga melatih pendengaran kita dalam bentuk kordinasi suara yang berbeda. Tidak jarang gw sendiri sering dikejutkan dengan suara yang dihasilkan dengan sedkit saja perubahan dalam kordinasi drumset, secara pattern rudiment yang dimainkan sama. Selain itu juga belajar untuk menuliskan semua yang kita mainkan, dan memainkan semua yang kita tuliskan.

Porsi waktu tidak harus seperti diatas, bisa diubah sesuai dengan porsi yang hendak dikuasai. Idealnya keempat poin ini ada dalam setiap sesi latihan, namun kendalanya sering kali poin-poin ini miss dikarenakan poin sebelumnya tidak dapat terselesaikan padahal sesi latihan kita sudah habis, dan gw sering mengalaminya. Biasanya gw akan membaginya dalam beberapa hari. Semisal hari pertama akan menyelesaikan poin no1 dan no2, dan hari brikutnya poin 3 dan 4. Setelah bentuk dari kordinasi tsb benar-benar gw kuasai, baru gw mencobanya dalam groove dan chart.

Selain itu ada beberapa hal juga yang patut diperhatikan saat berlatih, yaitu:

  • sediakan handuk dan air mineral. Hal yang sepele, namun penting. Karena drumming termasuk 'olah raga' dalam arti yang sesungguhnya, sehingga tubuh akan banyak mengeluarkan kringat untuk mendinginkan tubuh. Kalo bisa sehabis berlatih, mandi biar gak bau.
  • Usahakn untuk berlatih dengan menggunakan metronom. Ini melatih kita untuk keep on tempo. Terlepas dari selera beberapa orang yang suka bermain musik tanpa tempo, berlatih perlu menggunakan tempo, agar tubuh ini tahu sedari dini apa itu tempo.
  • Gabungkan beberapa latihan. Ini tips dari Thomas Lang yang sempat Tour Klinik di Indonesia. Dia sarankan untuk menggabungkan beberapa materi dalam satu latihan agar ini menghemat waktu berlatih. Contohnya jika kita sedang berlatih singel stroke di pedal, usahakn juga utk memainkan groove atau rudiment pada tangan. Sehingga kita mendapatkan beberapa hasil dalam satu waktu bersamaan.
  • Usahakan untuk berlatih di depan cermin. Ini dapat memperlihatkan bagaimana motion dan body language kita saat bermain. Ini menjadi hal yang penting karena drummer tidak hanya didengar saja seperti pemain keyboard or vocalis, namun juga dilihat (survei majalah 'Hai', drummer menempati urutan pertama yang ingin dilihat dalam sebuah band). Selain itu, belajar bermain di depan kaca membuat kita mengerti bahwa setiap drummer mungkin tidak ganteng, tapi banyak cewe cantik yang berebut pacaran sama kita. Syukuri anugrah tsb
  • Jika memungkinkan rekam hasil latihanmu, dan dengarkan bagaimana loe bermain. Apakah intonasinya jelas, stroke-nya rata atau tidak, bagaimana harmoni suaranya, dsb. Tapi jangan pernah memberikan rekaman latihan kita kepada produser atau MD (music director)!
  • Fun and Creative. Namanya juga musik, harus kreatif dong, termasuk dalam berlatih. Sesi latihan harus menyenangkan, karena ingat sebelumnya, latihan itu hampir kita lakukan sepanjang hidup kita. Kalo tidak menyanangkan, hidup akan menjadi beban dan menyusahkan karenanya.


Kunci dari keberhasilan dari latihan adalah disiplin. Mendisiplinakn diri itu perlu, dalam hal apapun juga. Tidak ada hasil yang kita dapatkan tanpa disiplin. Belajar adalah cara kita mendisiplinkan diri terhadap sesuatu hal. Tidak ada belajar tanpa disiplin.

0 komentar:

Posting Komentar