Widget Slideshow
  • pekerjaan mudah cocok bagi anda yang pekerja keras dan menghargai waktu.
  • langkah-langkah teperinci.
  • pekerjaan mudah cocok bagi anda yang pekerja keras dan menghargai waktu.
  • langkah-langkah teperinci.

Senin, 10 Januari 2011

Sejarah dan pengertian Genre-Genre Lagu part 1

Alternative Rock
Alternative rock (disebut juga musik alternatif atau hanya alternatif) adalah aliran musik rock yang muncul pada tahun 1980an dan menjadi sangat populer di tahun 1990. Nama "alternatif" ditemukan pada tahun 1980 untuk mendeskripsikan band-band punk rock yang tidak sesuai dengan aliran punk rock pada masanya. Sebagai jenis musik yang spesifik, rock alternatif mempunyai sub-aliran yang bervariasi, dari musik indie yang bermulai pada tahun 1980 dan menjadi populer pada tahun 1990; seperti indie rock, grunge, gothic rock, dan college rock. Aliran-aliran tersebut terkonsolidasi dengan ciri khasnya masing-masing.

Walaupun aliran alternatif terhitung sebagai aliran rock, tapi beberapa sub-alirannya terpengaruh oleh musik rakyat, reggae, musik elektronik, dan jazz. Dalam periode tertentu, istilah rock alternatif digunakan untuk menyebut musik rock dari band underground pada tahun 1980an, punk rock (termasuk punk itu sendiri), dan untuk musik rock itu sendiri pada tahun 1990an dan 2000an


 

Atmospheric Sludge Metal

Atmospheric Sludge Metal (atau tanpa kata Metal) adalah nama lain dari Post-Metal yg dibuat karena banyak band2 Post-Metal yg jijay dgn term Post-Metal (seperti Rosetta dan Pelican), namun term ASM juga dibuat karena musik Post-Metal sendiri kalo dihubungkan dgn dunia metal mendekati musik Sludge Metal (seperti Cult of Luna dan Mouth of the Architect yg style chordnya mendekati Sludge/Doom) namun juga disuguhi aroma Atmospheric. situs Metal terbesar di dunia maya yaitu Metal Archives juga memakai term Atmospheric Sludge untuk mendeskripsikan band2 Post-Metal

Britpop
movement yang hanya terjadi di tanah inggris pada tahun 1990an, britpop ini bukan genre tapi sebuah era atau movement, karena band2nya sendiri ada yang memiliki sound rock n roll seperti oasis, shoegaze seperti the boo radleys, atau bahkan hip hop seperti black grape.
era britpop bermula ditandai dengan pudarnya the stone roses pada awal 1990an dan dipelopori oleh band2 seperti blur, suede, pulp, ocean colour scene, dll.
kemudian oasis menggebrak scene musik inggris dengan album pertamanya yang dipercaya menjadi awal dari era britpop, dan mulai pertengahan dekade 90an mulai muncul band2 seperti supergrass, menswear, shed seven, cast, dll yang juga turut meramaikan britpop movement.
britpop movement juga dipercaya sebagai bentuk "perlawanan" terhadap musik grunge & seattle sound yang telah "menjajah" tanah inggris. orang inggris pada saat itu menganggap "saatnya musik dalam negeri bangkit".
era britpop diyakini berakhir sekitar tahun 1997.


 

Dangdut merupakan salah satu dari genre seni musik yang berkembang di Indonesia. Bentuk musik ini berakar dari musik Melayu pada tahun 1940-an. Dalam evolusi menuju bentuk kontemporer sekarang masuk pengaruh unsur-unsur musik India (terutama dari penggunaan tabla) dan Arab (pada cengkok dan harmonisasi). Perubahan arus politik Indonesia di akhir tahun 1960-an membuka masuknya pengaruh musik barat yang kuat dengan masuknya penggunaan gitar listrik dan juga bentuk pemasarannya. Sejak tahun 1970-an dangdut boleh dikatakan telah matang dalam bentuknya yang kontemporer. Sebagai musik populer, dangdut sangat terbuka terhadap pengaruh bentuk musik lain, mulai dari keroncong, langgam, degung, gambus, rock, pop, bahkan house music.
Penyebutan nama "dangdut" merupakan onomatope dari suara permainan tabla (dalam dunia dangdut disebut gendang saja) yang khas dan didominasi oleh bunyi dang dan ndut. Nama ini sebetulnya adalah sebutan sinis dalam sebuah artikel majalah awal 1970-an bagi bentuk musik melayu yang sangat populer di kalangan masyarakat kelas pekerja saat itu.


 

Death Metal
Death metal adalah sebuah sub-genre dari musik heavy metal yang berkembang dari thrash metal pada awal 1980-an. Beberapa ciri khasnya adalah lirik lagu yang bertemakan kekerasan atau kematian, ritme gitar rendah (downtuned rhythm guitars), perkusi yang cepat, dan intensitas dinamis. Vokal biasanya dinyanyikan dengan gerutuan (death grunt) atau geraman maut (death growl). Teknik menyanyi seperti ini juga sering disebut "Cookie Monster vocals".


 

Drum N Bass/DnB/D&B
jenis musik rave yang muncul pada pertengahan tahun 1990. Genre ini dicirikan oleh breakbeats yang cepat (biasanya antara 160-190 bpm) dengan suara bass dan sub-bass lines yang berat. DnB dimulai sebagai sebuah cabang UK rave music scene di tahun 1990an awal.


 

Emo
Diyakini hanya istilah media untuk memblow up post hardcore dipertengahan 90an. Dan parahnya hingga kini justru dianggap sebagai sebuah fashion trend dan aliran musik baru.


 

Funk
Funk adalah sebuah aliran musik yang mengandung unsur musik tarian Afrika-Amerika. Umumnya musik funk dapat dikenali lewat ritme yang sering terpotong singkat, bunyi gitar ritme yang tajam, perkusi yang dominan, pengaruh jazz yang kuat, irama-irama yang dipengaruhi musik Afrika, serta kesan gembira yang didapati saat mendengarnya. Akar funk dapat ditelusuri hingga jenis rhythm and blues


 

Hard Rock
Hard rock adalah subgenre musik rock yang berakar dari aliran musik psychedelic rock dan garage rock sekitar pertengahan tahun 1960-an. Ciri khas musik ini adalah penambahan efek distorsi pada suara gitar listrik, gitar bass, kibor, dan drum. Distorsi antara lain ditambahkan dengan bantuan pedal efek, penguat awal (preamp), penguat, atau pengeras suara.


 

Heavy Metal
Aliran musik rock yang berkembang pada era akhir 60an sampai awal 70an. Pada perkembangannya melahirkan style musik baru yang memiliki varian beragam.
Nama Heavy metal digagas oleh Band Hard Rock 60'an Steppenwolf, dalam lagu mereka yang berjudul 'Born To Be Wild'.
"I like smoke and lightning Heavy metal thunder Racin' with the wind And the feelin' that I'm under".


 

0 komentar:

Posting Komentar